Saturday, December 13, 2008

Rencana Bisnis

Sekarang embrio studio gw ini masih dalam tahap perencanaan.  Ya, dari yang gw baca-baca, sekecil apapun usaha yang akan dijalankan sebaiknya didahulukan dengan membuat rencana bisnis (business plan).  Nah, itulah yang sedang gw kerjakan sekarang.  

Di dalam rencana bisnis ini gw harus mampu menjelaskan ide usaha gw, produk atau jasa yang akan gw tawarkan, visi misi serta tujuan yang ingin dicapai oleh usaha gw.  Lebih lanjut lagi, gw juga buat catatan eksekutif yang menjelaskan nilai-nilai jual usaha gw.  Analisa dan target pasar kudu gw lakonin biar gw yakin seyakin-yakinnya sebelum gw mengucurkan dana gw (Gw sekarang ada di tahap ini).  Di sini gw harus nentuin variabel yang harus gw cari datanya, lalu gw tuangkan ke dalam bentuk kuisioner.  Hehe, bagi kamu-kamu yang tinggal di Bekasi mungkin akan jadi responden gw nanti.  

Lalu otak atik duit gw susun di RAB (Rencana Anggaran Biaya).  Buat nyusun RAB ini gw kudu survei toko-toko alat musik baik online maupun offline, terus nanya sana-sini lewat telepon. Duh, gw pusing di sini, masalahnya Peredam Suara mahal banget.  Gw harus pinter-pinter ngatur pengeluaran, kurangin sana-sini...ehehe, tapi gw lagi berusaha nyari penyedia jasa termurah sih.  Biar spek alat musik ga jauh berkurang.  Setelah itu, gw susun rencana gw buat masarin studio gw. Yang terpikir saat ini ya leaflet/brosur dan diskon produk, ehm, any idea guys?  Ya, blogsphere ini bisa juga jadi salah satunya :)

Nah, demikianlah rencana bisnis gw.  Ya, kira-kira begitulah (Apanya??? hehe).    

No comments:

Post a Comment